Rabu, 09 Januari 2019

Langkah Kecil Mapala Apache Peringati “World Water Day”


Fokus Apache, BANJAR – Peringatan hari air sedunia (World Water Day) adalah  peringatan yang bertujuan untuk menarik perhatian  masyarakat internasional akan pentingnya air bersih dan menyadarkan masyarakat pentingnya pengelolaan sumber air bersih yang berkesinambungan, hari air sendiri diperingati secara internasional pada tanggal 22 Maret.
Dalam momen memperingati hari air sedunia Mapala Apache mengadakan kegiatan SD Binaan yang telah menjadi program rutin tahunan. Kegiatan dilaksanakan di Sekolah Dasar Kecil Kiram, Desa Kiram Rt. 03 Kec. Karang Intan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, Sabtu (24 Maret 2018).
Mungusung tema “Air Untuk Kehidupan Teknologi Untuk Masa Depan”. Tujuan dari kegiatan ini ialah mengajarkan kepada para murid sekolah dasar tentang pentingnya air bersih, memanfaatkannya secara benar, terutama tidak membuang sampah ke sungai yang akan mengakibatkan tercemarnya air yang ada di sungai.
Siswa juga diajarkan tentang bagaimana menjaga lingkungan hidup agar tetap lestari dan mengenalkan teknologi komputer kepada para siswa yang memang sekolahan mereka tidak memiliki fasilitas komputer.
Siswa diajarkan bagaimana menggunakan komputer terutama memanfaatkan teknologi secara positif. Tak lupa pula Mapala Apache memberikan hadiah berupa alat tulis dan buku kepada siswa untuk menambah semangat siswa dalam belajar.
Tidak hanya itu saja, Mapala Apache mengajarkan kepada para siswa tentang bagaimana memanfaatkan air yang sangat penting bagi kehidupan, melakukan penanaman pohon di sekitar Sekolah Dasar, membagikan bibit buat kepada warga setempat dan kerga bakti membersihkan musholla di Desa Kiram.
 Nakir Muhajir, ketua Umum Mapala Apache STMIK Banjarbaru mengatakan, “manfaat dari kegiatan ini ialah agar anak anak sekolah dasar sadar bahwa akan pentingnya air bersih, tidak membuang sampah sembarangan di lingkungan sekolah dan tidak membuang sampah lagi ke sungai.”
“Karena para murid sekolah dasar belum memahami hal-hal yang seperti itu. Maka kita berikan pengetahuan lebih tentang dampak negatifnya membuang sampah sembarangan terutama di sungai dan betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya,” tambahnya, Sabtu (24 Maret 2018).

0 komentar:

Posting Komentar