Sabtu, 05 Januari 2019

LATIHAN GABUNGAN SINGLE ROPE TECHNIQUE






       Pada LATGAB (Latihan gabungan) kali ini adalah mempelajari tentang Single Rope Technique.
Single Rope Technique (SRT) adalah teknik yang dipergunakan untuk untuk menelusuri gua-gua vertikal dengan menggunakan satu tali sebagai lintasan untuk naik dan turun di medan-medan vertikal. Berbagai sistem telah berkembang sesuai dengan kondisi medan di tempat lahirnya masing-masing metode.


SRT ini memerlukan alat-alat, diantarnya sebagai berikut :



1. Tali Karmantel

Fungsi utamanya  adalah sebagai pengaman apabila jatuh.
Ada dua jenis tali Karmantel diantaranya :
• Static Rope, tali pendakian yang kelentirannya mencapai 2-5 % dari berat maksimum yang diberikan. Sifatnya kaku, umumnya berwarna putih atau hijau. Tali static digunakan untuk rappelling. 
• Dynamic Rope, tali pendakian yang kelenturannya mencapai 5-15 % dari berat maksimum yang diberikan. Sifatnya lentur dan fleksibel.


2. Carbiner

Alat penghubung seperti pengait, umumnya dibuat dari bahan Alluminium Alloy. Karabiner sendiri mempunyai dua jenis yaitu karabiner yang mempunyai sistem penguncian (Locking Carabinner) atau screwgate dan karabiner tanpa sistem pengunci (Un-locking Carabinner) biasa pula disebut snapgate. 


3. Descender

Alat untuk turun dari suatu ketinggian, dengan memanfaatkan gaya gesek atau gaya geser tali terhadap alat tersebut (friction). 


4. Ascender

Berbentuk semacam catut yang dapat menggigit apabila diberi beban dan membuka bila dinaikkan. Fungsi utamanya sebagai alat Bantu untuk naik pada tali.


5. Harness

Pada LATGAB kali ini yang digunakan adalah harnest full body yang Berguna sebagai pengaman tubuh pemanjat dan belayer. Harness yang umum digunakan adalah Sit Harness (harness untuk pinggang). Mempunyai dua jenis, yaitu yang bisa disesuikan ukuran pada lingkar pinggang dan paha (Udjustable Harness) dan ada yang bisa disesuaikan pada lingkar pinggang saja. (Non-adjustable Harness).



Latihan Gabungan ini diadakan oleh @mapala_meratus yang bertempat di kampus UIN Antasari Banjarmasin pada tanggal 3 September 2018.

0 komentar:

Posting Komentar